Tips Sukses Belajar Melukis Otodidak

982 views

Seperti yang kita sama-sama ketahui bahwa seni lukis merupakan seni rupa dua demensi yang sama halnya dengan seni batik, sketsa dan seni ilustrasi. Jadi, belajar melukis sama saja dengan belajar seni rupa. Sebelum kita membahas secara spesifik mengenai tips sukses belajar melukis secara otodidak, mari kita sama-sama gali kembali pengetahuan mengenai seni rupa itu sendiri.

Seni rupa merupakan cabang seni yang membentuk karya seni dengan menggunakan media yang bisa ditangkap oleh mata dan dirasakan dengan rabaan. Seni rupa sendiri dibangun dari beberapa unsur yang selanjutnya membentuk suatu kesatuan padu. Unsur-unsurnya meliputi titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur dan gelap terang.

Seni rupa pun memiliki banyak sekali fungsi. Fungsi ini secara umum dibagi menjadi dua yaitu fungsi individu dan fungsi sosial. Secara individu, seni rupa berperan sebagai pemenuhan kebutuhan fisik sekaligus kebutuhan emosional. Sedangkan secara sosial, seni rupa berfungsi di bidang rekreasi, komunikasi, pendidikan dan rohani.

Sedangkan otodidak berarti bekerja sendiri tanpa bantuan guru. Seseorang yang bisa sukses belajar sesuatu secara otodidak merupakan orang yang pasti mempunyai tips-tips tertentu. Nah, berikut tips sukses belajar melukis otodidak yang dapat kamu terapkan.

  1. Mengedukasi Diri Tentang Melukis

Sekedar keinginan untuk melukis saja tidak akan pernah cukup kalau tidak didukung dnegan pengetahuan yang mumpuni di bidangnya. Di zaman modern ini kita telah disuguhkan berbagai macam media untuk mempelajari segala macam bidang begitu pula dengan melukis. Jadi, mulailah ketahui segala hal mengenai lukisan.

Sebagai contoh, kamu bisa mendapatkan informasi yang variatif seputar dunia melukis serta seni lainnya seperti menggambar yang erat hubungannya dengan melukis di goaheadpeople.id. Selain itu, kamu juga bisa mengembangkan skill kamu dengan berbagai challenge menarik yang mereka hadirkan.

  1. Belajar dari Alam

Alam merupakan sumber terhebat dalam setiap karya manusia. Maka dari itu, jadikanlah alam sebagai sumber melukismu. Pelukis hebat umumnya mereka yang menjadikan alam sebagai sumber belajar. Dengan kecanggihan teknologi, kamu pun bisa dengan mudah memotret alam dan membawanya ke rumah untuk dijadikan media belajar. Bagaimanapun caranya, pastikan kamu belajar dari alam.

  1. Berlatih Membuat Sketsa

Hal pertama dan utama yang penting untuk dikuasai adalah keahlian membuat sketsa. Hal ini mungkin akan terasa canggung jika dilakukan oleh pelukis otodidak yang baru belajar. Oleh karena itu, kamu harus tidak bosan-bosannya berlatih. Latihan membuat sketsa ini bertujuan untuk melatih keterampilan si pembelajar dalam menuangkan idenya.

  1. Belajar Pewarnaan

Campuran warna dalam sebuah lukisan merupakan elemen penting yang harus dikuasai. Kamu pun bisa menguasainya dengan belajar mencampur warna dasar terlebih dahulu yaitu merah, biru, dan kuning. Kemudian campurkan warna tersebut dengan warna netral seperti hitam dan putih.

  1. Mengunjungi Sanggar atau Galeri

Poin kelima dari belajar seni rupa dua demensi secara otodidak ini sangat penting bagi para pembelajar otodidak. Bukan hanya satu dua kali, kamu harus sesering mungkin mengunjungi sanggar atau galeri seni lukis agar kamu dapat bertanya secara langsung pada pelukis professional tersebut. Kamu juga akan banyak mendapatkan inspirasi serta motivasi dari tempat tersebut.

Itulah beberapa tips sukses belajar melukis secara ototdidak. Ingat bahwa tidak ada yang tidak mungkin tercapai asalkan kamu mau berusaha keras dalam mencapainya. Never hope for it more than you work for it! Semoga bermanfaat.