Inilah Manfaat dan Jenis-Jenis Gipsum

580 views

Mempercantik interior rumah bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Mulai dari pemilihan warna dinding tembok, pemasangan motif wallpaper, penempatan furnitur, hingga merenovasi bagian langit-langit rumah. Melalui artikel ini, Anda akan menemukan cara sederhana dan murah yang bisa membantu Anda mempercantik bagian dalam ruangan. Salah satunya adalah dengan memasang plafon gipsum di rumah Anda.

Selain lebih kuat dan keras, plafon yang terbuat dari gipsum mampu memberikan sentuhan seni bagi keindahan rumah Anda. Melalui proses pemasangan yang tepat, gipsum mampu dibentuk sesuai dengan tipe ruang yang Anda inginkan. Dengan begitu, plafon gipsum adalah pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan dekorasi cantik di interior rumah Anda.

Jenis Gypsum serta Langkah Memilihnya

Bahkan, saat ini berbagai jenis gipsum tersedia bukan hanya sebatas untuk plafon. Anda juga bisa memakai gipsum sebagai dry wall atau tembok kering. Dry wall adalah sebutan untuk tembok yang tidak menggunakan metode konvensional dengan bahan bata, semen, pasir, dan sebagainya. Dry wall lebih ringan ketimbang bata atau batako dan mampu menghemat biaya konstruksi hingga 6 sampai 7 persen.

Dry wall juga sering disebut papan gipsum karena biasa digunakan untuk pengganti dinding dan partisi ruangan. Dengan bentuknya yang padat dan kering, membuat papan gipsum mudah untuk dipasang. Meski cuaca panas atau hujan sekalipun, tetap tidak akan mengganggu konstruksi pemasangannya. Keuntungan tersebut dapat memudahkan dan mempercepat kinerja tukang bangunan.

Cara Perawatan

Papan gipsum termasuk tipe partisi dinding yang tidak memerlukan perawatan khusus tapi tetap tahan lama. Memiliki resiko retak rambut dan retak memanjang yang lebih sedikit. Jika nantinya Anda menemukan kerusakan pada papan gipsum, Anda cukup membongkar bagian gipsum yang rusak dan menggantinya dengan yang baru, tanpa harus membongkar semua bagiannya.

Jenis papan gipsum yang sering digunakan

  1. Papan gipsum kedap suara

Meski tingkat ketebalannya cenderung tipis, ternyata papan gipsum punya kemampuan untuk meredakan suara bising. Selain menahan kebisingan yang berasal dari luar ruangan, papan gipsum kedap suara juga mampu meredam gema dari dalam ruangan. Material papan gipsum jenis ini cocok untuk ruangan-ruangan yang memiliki sumber suara kencang, seperti ruang tv, ruang rapat, dan ruang karaoke.

  1. Papan gipsum anti-jamur

Salah satu kelemahan papan gipsum adalah tidak terlalu kuat terhadap serangan air. Air yang meresap ke dalam papan gipsum, seiring berjalannya waktu akan mengundang tumbuhnya jamur dan lumut. Hal ini tentu bisa merusak fungsi serta tampilan gipsum.

Tetapi jangan khawatir. Saat ini terdapat jenis papan gipsum yang dibuat dari bahan khusus sehingga jamur dan lumut tidak bisa menempel di permukaan gipsum. Biasanya, produsen papan gipsum anti-jamur akan menambahkan olesan antimold agent yang mampu mencegah tumbuhnya jamur. Melalui inovasi ini, papan gipsum anti-jamur bisa Ana gunakan pada ruangan yang berpotensi terkena cipratan air, seperti dapur dan kamar mandi.